Terbelit Hutang, Hindari 9 Hal Ini Saat Keuanganmu Sedang Krisis

Terbelit hutang bikin beban hidup jadi tambah berat. Apalagi, kalau kamu gak hati-hati, bisa-bisa kamu terjerat ke masalah yang lebih besar, lho. Serem banget kan? Eits, gausah panik dulu! Asalkan kamu tahu apa aja hal-hal yang gak boleh kamu lakukan saat terbelit hutang, semuanya pasti bakal aman terkendali, kok.

1. Tetap Mengandalkan Pembayaran via Kredit

terbelit hutang
via Freepik.com

Terus menggunakan kartu kredit disaat kamu terbelit berhutang adalah tindakan yang salah besar, apalagi kalau kamu memakainya untuk pembayaran yang bukan prioritas. Jadi, lebih baik singkirkan kartu kreditmu dari sekarang juga!

2. Memakai Kartu Kredit yang Baru

Membuat kartu kredit baru justru bisa menambah jumlah hutangmu yang sekarang, lho. Makanya, simpan saja semua aplikasi kartu kredit yang baru sampai semua hutangmu benar-benar sudah lunas.

3. Mengabaikan Semua Tagihan yang Kamu Punya

via Freepik.com

Melihat tagihan yang menumpuk memang bisa bikin stress, tapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan itu semua kan? Kamu bisa merapihkannya satu per satu sesuai dengan urgensinya agar kamu tahu mana yang harus dilunasi terlebih dahulu.

4. Melunasi Hutang Secara Tidak Merata

Cara melunasi hutang yang baik adalah saat kamu bisa membagi semua uangmu dengan adil. Daripada hanya melunasi satu hutang saja, lebih baik ambil cicilan untuk setiap hutang yang kamu punya.

5. Melampiaskan Stress Dengan Menghamburkan Uang

via Freepik.com

Stress akibat hutang bisa membuatmu sulit menggunakan uang dengan bijak. Tapi, kamu harus ingat! Di situasi seperti ini, kamu harus bisa mengendalikan egomu dan berpikir dengan jernih agar keuanganmu cepat stabil.

6. Lupa Menabung Saat Terbelit Hutang

via Freepik.com

Terbelit hutang bukan berarti kamu gak bisa menabung, lho. Justru, kamu akan belajar untuk mengontrol keuanganmu dengan lebih baik sekaligus menghilangkan sifat borosmu. So, jangan lupa untuk menabung yah!

7. Mencari Bantuan Tanpa Teliti

Kamu tahu gak sih ada banyak perusahaan yang membuka jasa untuk meringankan beban hutang? Kedengarannya sih mudah tapi kamu jangan langsung terbuai!

Coba cari tahu dulu apa aja sih kelebihan dan kekurangan mereka, apa ada tambahan biaya, dan gimana penilaian orang lain terhadap perusahaan tersebut.

8. Melunasi Hutang Tanpa Menyusun Rencana

Tanpa rencana yang matang, kamu akan kesulitan untuk melunasi semua hutangmu, lho. Makanya, pikirkan dengan baik gimana caranya melunasi hutangmu dengan tepat. Lebih bagus lagi kalau kamu bisa menyusun Plan B untuk jaga-jaga.

9. Malas Mencari Uang Tambahan

via Freepik.com

Di saat kamu terbelit hutang, kamu gak bisa mengandalkan satu pendapatan saja, apalagi kalau hutangmu cukup besar. Mau tak mau, kamu harus mencari pekerjaan tambahan agar bisa melunasi hutangmu dengan cepat.

 

Terbelit hutang bukan berarti the end of the world, kok. Kamu masih bisa memperbaikinya dengan belajar lagi bagaimana cara mengatur uang dengan bijak. Jadi, jangan menyerah yah!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: