Mau Kerja Jadi Freelance Designer? Pahami Dulu 4 Pro Kontranya Ini

Kerja jadi seorang freelance designer bisa jadi hal yang luar biasa, tapi juga jadi tantangan yang berat. Selain mesti dibekali dengan skill dan kreativitas yang tinggi, kamu juga harus bisa menyeimbangkan antara bisnis, kedisiplinan, kepercayaan diri, dan masih banyak lagi.

Tapi yang terpenting dari semuanya adalah kamu harus tahu dulu apa aja sih kelebihan dan kekurangan saat kamu kerja jadi seorang freelance designer. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Kelebihan

kerja jadi freelance designer
Via freepik
1. Memiliki Pendapatan Relatif Tinggi

Sudah jadi hal umum kalau pekerjaan freelance biasanya punya pendapatan yang lebih tinggi dari pekerjaan lainnya, termasuk freelance designer.

Semua ini karena pekerja freelance bisa bernegosiasi langsung dengan klien, tergantung dari permintaan mereka dan keterampilan yang dimiliki. Keren banget, kan?

2. Freelance Designer Bisa Bekerja Kapanpun Mereka Mau

Karena gak ada atasan yang mengawasimu selama jam kerja, kamu bisa bekerja kapanpun kamu mau, lho.

Jadi, kamu bisa lebih santai dan agenda lain pun jadi gak terganggu. Tapi, ingat! Jangan sampai kamu melewati deadline yah!

3. Bisa Memilih Klien Sendiri

Dengan siapa kamu bekerja nanti, semua keputusannya ada di tanganmu. Kamu bisa memilih klien yang ingin diajak bekerja sama atau menolak klien yang kurang cocok denganmu.

Ditambah lagi, kamu juga bisa membuka peluang bisnis yang lebih luas dengan mengajak freelance designer lainnya untuk membuat proyek kolaborasi, lho.

4. Lebih Fleksibel Saat Memilih Tempat Kerja

Kamu bisa bekerja dimanapun yang kamu mau, baik di rumah, cafe, coworking space, dll. Bahkan, kamu juga masih bisa bekerja saat kamu sedang diluar kota, lho.

Dengan begitu, kamu gak perlu repot deh memikirkan biaya tambahan untuk menyewa tempat, begitupun dengan fasilitas-fasilitasnya. Praktis banget!

Kekurangan

kerja jadi freelance designer
Via freepik.com
1. Hanya Mendapatkan Gaji Saat Ada Pekerjaan

Sebagai seorang freelance designer, kamu hanya mendapatkan bayaran saat kamu sedang bekerja. Dengan kata lain, kamu gak bisa mendapatkan bonus atau tunjangan lainnya, seperti THR.

Makanya, kamu harus giat mencari pekerjaan supaya pendapatanmu tetap mengalir dan semua kebutuhanmu tetap terpenuhi.

2. Mengurus Semua Keperluan Freelance Designer Sendirian

Karena kamu gak punya bos, kamu harus bisa belajar mandiri untuk mengurus semua keperluanmu, mulai dari keuangan, peralatan, dsb.

Tapi, kamu masih bisa mempekerjakan seorang asisten untuk meringankan bebanmu kok, hanya saja akan ada tambahan biaya yang harus kamu keluarkan nantinya.

3. Mengejar Klien yang Bermasalah

Nah, ini yang jadi beban terberat buat seorang freelance designer. Kadang, ada aja klien yang jadi bermasalah di tengah pekerjaan, mau itu sulit membayar, banyak permintaan, sulit dihubungi, dsb.

Makanya, kamu juga harus bisa mengawasi mereka supaya kerja kerasmu gak berakhir dengan sia-sia. Semangat yah!

4. Kerja Sendirian Bisa Bikin Kamu Kesepian

Bekerja freelance bikin kamu jadi gak punya rekan kerja yang bisa diajak hangout. Situasi seperti ini bisa mempengaruhi kinerjamu, lho.

Jadi, kalau kamu terbiasa dengan lingkungan kerja yang ramai dan kolaboratif, mungkin bekerja sebagai freelance designer akan jadi beban yang cukup berat.

 

Semua pekerjaan pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk freelance designer. Tapi, kalau kamu yakin passion-mu ada disitu, jangan tunggu lama lagi! Yuk, kejar mimpimu sekarang juga!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: