Doyan Beli Makeup Tapi Gak Tahu Gimana Merawatnya? Nih, 7 Caranya

Doyan beli makeup bukan jaminan seseorang tahu persis cara merawat koleksi makeup yang ada.  Iya, nggak sih? Siapa yang suka naruh lipstick, blush on, sampai foundie sembarangan sampai lupa ada di mana saja. Ayo, ngaku.

Padahal makeup item yang sering kamu beli juga perlu dirawat dan dijaga kebersihannya, lho. Selain biar tetap higienis dan tahan lama, koleksi makeup yang kamu taruh sembarangan juga bisa rentan terkena bakteri. Nah, mulai sekarang jangan cuma doyan beli makeup, tapi pelajari juga cara-cara merawatnya.

1. Selalu bersihkan kuas koleksi makeup secara berkala

doyan beli makeup
via freepik.com

Setiap penggila makeup pasti punya banyak kuas di meja riasnya. Kalau kamu sering lupa atau malas membersihkannya sehabis dipakai. Ia bisa mengundang banyak bakteri yang membuat wajah bermasalah. Ihhhh, nggak mau, kan?.

Makanya bersihkan kuas secara berkala dan telaten biar nggak cepat kotor dan rusak.  Setelah dibersihkan, jangan langsung ditaruh tapi keringkan terlebih dahulu dengan cara diangin-angin agar bakteri tidak menempel di kuas yang basah. Letakkan dalam posisi berdiri dan di tempat kaca untuk melindung bulu kuas dari debu tak kasat mata dan kuman.

2. Pisahkan koleksi makeup yang masuk masa kadaluarsa

Siapa yang doyan beli makeup terbaru padahal masih banyak stok yang lama? Alhasil, stok makeup lama suka terabaikan. Jangan lupa untuk diperhatikan, ya. Sebaiknya jika sudah masuk masa kadaluarsa, pisahkan dan segera buang aja untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Sekadar informasi, koleksi makeup yang berbahan cair punya masa pakai sekitar 12 bulan sejak dibuka. Bedak sekitar 24 bulan, sedangkan maskara sebaiknya diganti minimal 3 bulan sekali.

3. Selalu jaga kebersihan tempat koleksi makeup

doyan beli makeup
via freepik.com

Nggak hanya koleksi makeup yang perlu dirawat, nih. Tapi, kebersihan dari tempat koleksi makeup-mu juga perlu kamu perhatikan. Cuci tas makeup minimal 2x seminggu untuk mencegah datangnya kuman atau bakteri yang menempel pada koleksi makeup.

Atau jika kamu menaruh koleksi makeup di tempat yang bening maka bersihkan dengan menggunakan tisu basah biar bebas dari debu yang menempel.

4. Taruh koleksi makeup di suhu ruangan

Menaruh koleksi makeup di kamar mandi atau tempat basah lainnya justru bakal membuat kondisi makeup jadi gampang menggumpal. Mending letakan di suhu ruangan yang terhindar dari sinar matahari langsung agar makeup lebih tahan lama dan tak mudah terkontaminasi bakteri. Tapi ini gak berlaku buat produk masker wajah, ya. Kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin agar essence di dalam produk tak mudah tercemar dengan udara sekitar.

5. Hindari bergantian menggunakan koleksi makeup dengan orang lain

Bergantian memakai makeup bersama teman memang mengasyikan, tapi ternyata kebiasaan ini punya dampak buruk buat kondisi kulit wajahmu. Kamu nggak pernah tahu kan, apakah kulit orang lain sudah bersih atau belum? Jadi, usahakan untuk menghindari menggunakan makeup dengan orang lain secara bergantian.

6. Tutup rapat setiap koleksi makeup yang habis digunakan

via freepik.com

Kuman, debu, partikel kecil di udara menjadi sebagian polusi buruk buat koleksi makeup. Benda tak kasat mata itu dapat merusak kebersihan makeup yang  dipunya. Meski sepele, tapi penting banget buat kamu untuk menutup rapat setiap koleksi makeup sehabis menggunakan.

Jika kamu abai dan membiarkan terbuka begitu saja, jangan salahkan jika makeup jadi lebih mudah teroksidasi dan kandungan baiknya tak lagi bermanfaat untuk perawatan wajahmu.

7. Cuci menggunakan cairan pembersih yang aman

Tahu gak kalau mencuci koleksi makeup gak cukup pakai air bersih saja? Kamu juga perlu cairan pembersih khusus yang aman dan steril. Misalnya, alkohol atau cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan brush, sponge, beauty blender, gumpalan di sikat maskara, pouch atau tempat makeup.

Jangan lupa bilas makeup yang sudah dibersihkan dengan air hangat dan tunggu sampai kering. Memakai cairan pembersih yang aman akan membuat koleksi makeup jadi lebih awet dan higienis.

Tak hanya doyan beli makeup, merawatnya juga sama penting. Mencintai koleksi makeup yang dimiliki, maka kamu juga harus meluangkan waktu untuk memperhatikan kondisi penyimpanan, masa kadaluarsa, sampai kualitas dari koleksi makeup. Jangan asal menaruhnya, lalu lupa untuk dijaga kebersihannya. Mulai dari sekarang cek kembali koleksi makeup biar tak mudah tercemar bakteri.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: