Bukan Ajang Iri, Baca 3 Alasan Kita Harus Senang Sama Kesuksesan Orang Lain

Kadang kita suka iri sama kesuksesan orang lain terutama temen sendiri. Lihat mereka sukses, punya kerjaan bagus, udah dapet jodoh, suka mikir kapan ya bisa kaya gitu? Itu hal yang normal, tapi jangan sampai rasa iri itu malah jadi bumerang. Apalagi sampai dijadiin bahan ghibah. Duh, jangan sampai deh. Padahal ikut senang sama kesuksesan orang lain itu buat kita jadi bisa ikutan sukses, lho. Emangnya kenapa sih, kok bisa? Coba simak penjelasan di bawah ini.

1. Bisa mengurangi jiwa kompetitif sama iri hati

via @Ijeab / Freepik

Punya sifat kompetitif itu bagus, tapi kalau udah sampai berlebihan gak baik buat diri sendiri. Apalagi kalau sampai maksain biar bisa ‘sesukses’ orang yang kita iriin. Buat apa? Sukses itu buat diri sendiri dulu, urusan orang lain mengapresiasi sih, bonus aja sebenarnya.

Jadi kalau kamu iri liat kesuksesan orang lain, semua yang berhasil kamu raih gak akan terasa fulfilled. Alias ya gitu-gitu aja. Gak akan ada puasnya, deh. Beda kalau kamu terbiasa ikut senang dengan keberhasilan orang lain dengan tulus. Kamu akan merasa termotivasi buat mencapai hal yang sama tanpa harus menjadikan kesuksesan orang lain sebagai ancaman.

2. Memberi kamu masukan yang bagus buat meraih mimpi atau passion

kesuksesan orang
via mathnasium.com

Orang yang udah sukses biasanya gak akan pelit ngasih tips dan semangat buat orang lain. Apalagi kalau yang minta adalah temannya sendiri. Makanya gak ada gunanya buat iri karena mereka malah bisa jadi support system yang bagus buat ngasih insight ke kerjaan atau passion yang lagi kamu kejar. Hasilnya?Kamu bakal jadi lebih termotivasi tanpa harus saling menjatuhkan. Meski mungkin prosesnya bakalan banyak berbeda, tapi yakin aja bahwa hasil sekecil apapun yang kamu dapatkan bisa jadi satu langkah besar buat menuju kesuksesan versi dirimu sendiri.

3. Jadiin motivasi dalam hidup

kesuksesan orang
Via freepik.com

Jadikan kesuksesan orang lain buat motivasi dalam hidup. Daripada fokus sama enaknya, cari tahu gimana caranya mereka bisa sukses. Pasti ada sakit-sakitnya dulu, kok. Yang ngalamin susah mencapai kesuksesan bukan kamu aja. Orang yang dari luar terlihat begitu berhasil pun pasti didahului sama proses yang penuh tantangan. Dengan begini kamu gak akan punya rasa iri lagi deh, karena udah tahu perjuangan mereka kaya gimana.

Apa salahnya ikut merayakan kesuksesan orang lain? Yakin ko, tiap orang pasti udah punya waktunya masing-masing. Paling penting selalu berusaha, ya!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: