Orang Toxic Bikin Hari Jadi Suram? Ikuti 4 Tips Ini Agar Tetap Semangat

Keseringan dikelilingi sama orang toxic bisa bikin hidupmu jadi down lho. Mulai dari pekerjaan, hubungan, bahkan kdang bisa bikin kamu kehilangan jati diri. Sayangnya, kita gak selalu bisa mengendalikan lingkungan kita dan dengan siapa kita akan berhubungan.

Makanya, satu-satunya cara buat kamu untuk bisa survive hanyalah dengan menjadi orang yang positif diantara semua orang toxic yang harus kamu temui. Susah? Caranya relatif gampang, kok. Yuk, simak di bawah ini!

1. Kenali Dulu Ciri-ciri Orang Toxic

Jangan salah! Orang toxic itu bisa datang dalam segala bentuk dan karakter, lho. Ada yang sukanya nyalah-nyalahin, ada yang hobi bawa energi negatif, dan banyak lagi. Makanya, wajib banget buat kamu untuk mengenal karakteristik mereka terlebih dahulu sebelum berinteraksi lebih lanjut.

Biasanya nih, mereka itu sering menunjukkan aura yang negatif. Misalnya, selalu mengkritik, super sensitif, selalu khawatir, dsb. Kamu bisa menyadarinya dengan cepat atau lambat, tergantung dari seberapa sering kalian menghabiskan waktu bersama.

2. Selalu Fokus Pada Hal-hal yang Berbau Positif

orang toxic
Via freepik.com

Berusaha untuk selalu positive thinking di tengah orang toxic memang cukup sulit. Tapi, kamu gak harus terburu-buru untuk melakukannya, kok. Cukup belajar secara perlahan-lahan, mulai dari melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti membaca buku, mendengarkan podcast, membuat karya seni, dsb.

Atau, kamu juga bisa mengumpulkan quotes inspirasional yang bisa kamu baca kapanpun dan dimanapun untuk meningkatkan energi positifmu!

3. Hindari Pembicaraan yang Bisa Memicu Konflik

Terlibat masalah dengan orang toxic bisa bikin hubungan kalian semakin memburuk, apalagi kalau masalahnya gak kunjung selesai. Oleh karena itu, sebisa mungkin, hindarilah topik-topik pembicaraan yang bisa menyinggung perasaan kalian atau hal-hal sensitif lainnya. Tapi, kalau sudah terlanjur bertengkar, yang perlu kamu lakukan hanyalah bertindak tenang dan lakukan pendekatan secara perlahan untuk mencairkan suasana.

4. Tentukan Sampai Mana Batas Hubungan Kalian

orang toxic
Via freepik

Kalau kamu terus membiarkan orang toxic mempengaruhimu, bisa-bisa sikapmu juga ikut berubah, lho. Makanya, saat berhadapan dengan mereka, jangan pernah merasa takut yah! Kamu harus tetap percaya diri dan yakin dengan kerja kerasmu sendiri.

Apabila sikap mereka sudah melewati batas, jangan pernah memendam perasaanmu dan katakanlah dengan jujur apa yang membuatmu tak nyaman. Pokoknya, apapun situasinya, cobalah untuk bersikap sebijak mungkin yah!

Berhubungan dengan orang toxic emang bisa bikin hari-harimu jadi suram. Tapi, kalau kamu melihatnya secara positif, justru ini adalah kesempatan buat kamu untuk memperbaiki diri ke yang lebih baik, lho. Yuk, tetap berusaha!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: