Sebelum Terlambat, Ini 13 Cara Mengelola Uang di Umur 20-an Biar Gak Berantakan

Kira-kira cara mengelola uang untuk kita yang baru ada di usia 20-an gimana, ya? Secara hasrat beli ini itu masih gede, tapi keinginan buat invest juga mulai muncul. Bisa gak ya, seimbang mengatur pendapatan sama pengeluaran? Soalnya ngerasa banget kalau kita masih sulit untuk memilah antara kebutuhan dan keinginan.

Jangan pesimis dulu, usia 20-an seperti sekarang ini adalah waktu emas untuk belajar mengelola isi dompet, lho. Apalagi dengan menerapkan strategi dan cara mengelola uang seperti di bawah ini;

1. Rencanakan Masa Depan Keuanganmu

cara mengelola uang
Via freepik

Dari setahun ke depan sampai beberapa puluh tahun ke depan, gak ada salahnya kita memiliki target agar termotivasi bekerja.

2. Buat Budget dan Cukupi Kebutuhanmu dengan Mandiri

Sekarang, kita sudah memiliki penghasilan sendiri. Yuk, cari tahu apa kebutuhanmu dengan membuat budget dan pos pengeluaran.

3. Tulis Pengeluaranmu Setiap Hari, Pemasukan dan Pengeluaran Sudah Seimbang Belum?

cara mengelola uang
via freepik

Evaluasi kembali jika besar pasak dari pada tiang. Kalau pemasukanmu lebih besar dari pengeluaran, good. 

4. Beli Barang dengan Melihat Urgensi

Apakah ganti gadget terbaru benar-benar untuk menunjang pekerjaanmu? Kalau demi gengsi semata, sebaiknya tunda dulu, ya.

5. Nah, Kalau Gitu Buat List dan Rencana Sebelum Berbelanja, Ya

cara mengelola uang
Via freepik.com

Jadi lebih terkontrol, plus benar-benar berbelanja barang yang dibutuhkan. Yeay!

6. Banyak yang Gak Sadar Cara Mengelola Uang Ini: Hindari Belanja Impulsif dengan Belajar Menunda Kesenangan

Awalnya sih memang gak nyaman. Tapi coba deh, pelan-pelan menunda kesenangan, dan kamu akan lebih rasional gak mudah tergoda.

7. Kebutuhan Tiga Bulanan dan Tahunan Jangan Lupa Masukkan Daftar

Seperti kebutuhan service kendaraan, uang kontrakan, dan kebutuhan hari raya. Kalau dihitung-hitung nominalnya lumayan juga, ya. Nah, bisa pelan-pelan menabung setiap bulannya, nih.

8. Dana Darurat Jangan Lupa!

via freepik.com/johan111

Apapun bisa terjadi setiap detik, setiap hari, setiap saat. Kita tidak akan pernah tahu kapan datangnya musibah. Meski sedikit-sedikit, sisihkan uang untuk dana darurat.

9. Manfaatkan Fasilitas Sebagai Karyawan Maupun Pengusaha

Memilih opsi sebagai wirausahawan, manfaatkan fasilitas penambahan modal usaha untuk perkembangan bisnismu.

Kalau kamu sebagai karyawan, manfaatkan benefit sebagai pekerja di kantormu dengan baik. Bonus, fasilitas training, tunjangan, dan asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga.

10. Upgrade Skill Untuk Perkembangan Karir

Ilmu terus berkembang, begitu juga dengan pekerjaanmu. Yuk, jadi pekerja lain dari yang lain dengan nilai plus dan potensi diri yang kamu punya.

11. Meski Masih Muda, Persiapkan Dana Pensiun Itu Gak Salah, Kok

via freepik.com/endriq007

Di saat senja nanti, kita tidak sekuat seperti sekarang ini. Nah, kita bisa persiapkan pensiun mulai dari sekarang agar suatu saat nanti bisa menikmati masa tua dengan tenang.

12. Bersih-Bersih Rejeki dengan Berbagi

Sebagian dari rejeki kita, terdapat hak-hak bagi orang yang membutuhkan. Berbagi juga melatih kita untuk ikhlas dan bersyukur.

13. Tak Ketinggalan, Budget Me Time Untuk Membuatmu Tetap Bahagia

cara mengelola uang
Via freepik

Apresiasi kerja keras diri sendiri sah-sah aja, kok. Tapi, harus terukur dan tidak berlebihan, ya.

Ayo , ayo kita terapkan sama-sama cara mengelola uang yang baik ini, ya. Dari semuanya, kamu sudah melakukan berapa cara?

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: