Sudah Tahu Mau Lanjut Kuliah di Mana? Nah, Kamu Perlu Siapkan 4 Hal Ini Mulai dari Sekarang Ya!

Dunia kampus dan seluruh hal di dalamnya jadi salah satu hal yang selalu ditunggu-tunggu kamu yang baru lulus SMA. Kamu jadi makin deg-degan dari hari ke hari akibat memikirkan hal ini. Sayangnya, karena saking deg-degannya menunggu momen berkuliah kamu jalani, beberapa hal jadi luput. Kamu cuma fokus dengan pertanyaan orang lain yang bilang: “Mau kuliah di mana?” tanpa ingat dengan hal-hal lain yang sebenarnya perlu banget buat disiapkan. Ingat ya, 4 hal di bawah ini wajib banget buat kamu persiapkan sebelum memasuki dunia perkuliahan:

  1. Menyiapkan Mental Untuk Senjata Adaptasi Menghadapi Dunia Baru

Pexels.com

Siap mental itu wajib banget dipunyai siapa saja yang akan memulai sesuatu yang baru, terutama kamu yang akan masuk dunia perkuliahan. Apa jadinya kalau kamu sendiri nggak siap mental dengan situasi kampus nantinya? Mentalitas yang bagus akan membantu kamu lebih cepat mendapatkan teman, menonjolkan kelebihan, bahkan menjadi mahasiswa baru yang menyenangkan. Mau nggak mau, kamu juga harus siap dengan segala hal yang nggak kamu biasakan sebelumnya: Masuk perkuliahan lebih pagi, deadline tugas yang ketat, mandiri tanpa bantuan orang tua, dan masih banyak lagi.

 

  1. Survey Tempat Tinggal dan Fasilitas Berkuliah Lainnya

Freepik.com

Untuk kamu calon mahasiswa rantau, jangan lupa buat siapkan tempat  tinggal yang layak. Mulai dari sekarang, kamu bisa survey lebih jauh mengenai hal ini. Ada banyak pilihan tempat tinggal yang bisa kamu tempati: Kost, Rumah Kontrakan dan Asrama. Saat ini, kamu bisa mencarinya lewat situs jejaring media sosial maupun informasi mulut ke mulut. Pertimbangkan pula untuk kos dengan seorang teman agar kamu nggak sendirian di awal perkuliahan.

Selain tempat tinggal, kamu juga wajib untuk mengenali fasilitas apa saja yang disediakan oleh pihak kampus buat menunjang perkuliahan kamu. Kebanyakan mahasiswa baru biasanya masih awam dengan fasilitas perkuliahan yang bisa dimanfaatkan. Selain berguna, memanfaatkan fasilitas kampus juga bikin kondisi keuangan kamu lebih sehat dari sebelumnya. Misalnya saja, kamu nggak perlu beli buku-buku tertentu jika kamu sendiri bisa meminjamnya di perpustakaan kampus. Kamu juga nggak harus berangkat ke gym bila di kampus sendiri ada kelas olahraga gratis yang bisa kamu ikuti.

 

  1. Mengikuti Kursus Untuk Menunjang Masa Depan

Freepik.com

Jangan buang-buang waktu untuk hal yang kurang penting. Manfaatkan waktu luang saat berkuliah nanti dengan mengikuti kursus-kursus yang bisa menunjang masa depan kamu. Asal tau aja, nantinya, saat kamu lulus dari bangku perkuliahan, banyaknya kursus yang kamu ikuti bakalan jadi bahan pertimbangan perusahaan untuk merekrut kamu. Selain itu, mahasiswa yang rajin ikut kursus lebih dipertimbangkan untuk mendapat beasiswa selama perkuliahan.

Nggak ada salahnya juga loh untuk memanfaatkan waktu luang yang berlimpah saat ini dengan mengikuti kursus online yang tersedia mulai dari sekarang. Ada Kelas Berbagi Cerah dari Fair and Lovely yang ngasih kamu kesempatan buat belajar banyak banget hal! Mau belajar bahasa Inggris? Udah tau belum bagaimana pronunciation dan grammar yang baik? Atau mau tau teknik melamar pekerjaan? Ada semua, kok!

Di Kelas Berbagi Cerah, kamu juga bakal mendapatkan panduan karir berdasarkan minat, serta gimana caranya membuat CV yang profesional untuk keperluan karir kamu. Oh ya! Kelas Berbagi Cerah ini juga bakal ngasih kamu sertifikasi di setiap kelasnya. Pergunakan sertifikat ini untuk mendukung kelancaran berproses kamu selama berkuliah. Tinggal kunjungi https://www.kelasberbagicerah.com mulai dari sekarang dan daftar untuk mendapatkan manfaatnya! Ajak temanmu untuk bergabung juga karena kelas ini akan hadir sepanjang tahun!

 

  1. Mencari Tahu Lebih Dalam Kegiatan Kampus Untuk Mengisi Hari-Hari Perkuliahan

Pexels.com

Selain mendaftar beasiswa untuk menunjang aktivitas perkuliahan, kamu bisa mulai dengan mengikuti beberapa kegiatan kampus untuk menambah skill. Lambat laun, selain skill kamu bertambah, kamu juga bakal menemukan banyak orang baru untuk memperluas relasi. Di Kemudian hari, ada banyak manfaat yang akan kamu sadari.

 

Nah, udah nggak bingung lagi kan, mau mempersiapkan apa saja. Selagi ada waktu, yuk segera cicil persiapan kamu masuk kuliah dari sekarang. Semoga sukses, lovely!

Fair and Lovely Indonesia

Temukan rahasia untuk kulit bersih dan cerah seketika hanya di perawatan pencerah wajah Fair & Lovely

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: