Gak Sadar Jadi Hemat, 6 Kebiasaan Ini Buat Cita-Cita Keuanganmu Makin Nyata

Kapan nih, jadi hemat mau dijadikan kebiasaan baru? Butuh usaha ekstra berkali-kali, ya? Sudah bertekad bulat, tapi di tengah perjalanan masih tergoda juga sama kebiasaan boros.

Nah, sudah waktunya mengubah pola pikir. Bikin semangat jadi hemat semakin mudah buat dilakukan dengan mulai dari beberapa hal ini;

1. Banyak Undangan Pesta? Buat Sendiri Kadomu

Jadi hemat
Via freepik.com

Undangan ulang tahun, resepsi pernikahan, dan menjenguk teman yang lahiran? Meski terlihat kecil, namun lumayan juga, ya budget yang di keluarkan.

Membeli hadiah dan membungkusnya sendiri membuatmu berhemat 10-20 persen.

Apalagi udah banyak tutorial membuat hampers dengan ide-ide yang kekinian banget. Selain membuat teman berkesan, kita juga terpancing kreatif setiap saat.

2. Sedia Uang Koin Saat Berbelanja

Jadi hemat
via freepik.com/vector1st

Meski sudah cashless, tapi untuk transaksi tertentu pembayaran tunai masih sering digunakan.

Tapi, sebel gak sih kalau saat membeli sesuatu kita diberi kembalian berupa permen? Memang, sih nominal kecil. Jadi, terasa kita terpaksa membeli permen, ya.

Nah, kalau kamu sering berbelanja di suatu tempat yang enggan menyediakan uang kembalian, kita sediakan saja uang kecil dan uang koin untuk pribadi.

Kebiasaan mudah berhemat dimulai dari merawat uang kecil, nih.

3. Belanja Asyik, Ikutan Member Lebih Hemat

Program kartu member di toko-toko dan supermarket dibuat untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan. Nah, gak ada salahnya nih, membuat kartu member.

Apalagi kalau sering promo dan diskon. Kalau kamu belanja beberapa barang dan diskon semua, lumayan banget, kan ‘faktor kali’ -nya?

4. Nongkrong Hemat, Ya di Rumah Aja!

Saatnya undang teman-teman kamu main ke kosan atau rumah kamu. Untuk menjamu, buat snack dan minuman ala bikinan sendiri, yuk.

Ngobrol-ngobrol dan sesi curhat gak kalah seru.

Selain itu, jadi hemat banget gak keluar biaya transport dan parkir, kan?

5. Hemat Energi, Kebiasaan Mudah Ala Kuno yang Mujarab

Jadi hemat
via freepik.com/sunnygb5

Pernah ditegur orangtua karena lupa mematikan lampu? Mungkin kita jadi abai karena menganggapnya sepele.

Tapi, kalau kita menggunakan energi listrik sesuai kapasitas, bisa hemat uang lumayan banyak, loh.

Caranya gampang, kok. Cukup matikan lampu yang sudah tidak digunakan, cabut charger smartphone saat sudah tak terpakai, dan perlahan mengganti peralatan elektronik yang tidak memakan banyak daya.

Setelah itu, coba deh cek berapa uang yang kamu keluarkan untuk membeli pulsa listrik bulan depan.

6. Mengurangi Berbelanja Produk Branded

Untuk beberapa jenis barang tertentu, membeli barang yang memiliki brand justru akan membuat boros. Contohnya saja kebutuhan pokok.

Beras dengan kemasan mewah tentu tidak kita perlukan. Yang kita butuhkan adalah kualitas beras yang baik. Begitu pula untuk bahan pangan seperti buah dan sayur.

Jadi, pertimbangkan terlebih dulu kualitas barangnya dibanding brand-nya. Apalagi untuk rutinitas berbelanja sehari-hari.

Jika kebiasaan mudah ini kita terapkan, gak bisa ngebayangin lagi, deh kita jadi gak sadar jadi hemat tanpa perlu merasa berat. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: