Gagal di Kerjaan Bukan Akhir Segalanya Asal Tahu 5 Hal Ini

Bekerja membuat kita jadi punya tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Namun gak bisa dipungkiri bahwa kehidupan di kantor gak berjalan lurus-lurus aja. Terkadang kita harus mengalami yang namanya gagal di kerjaan meski udah berusaha sekuat mungkin ngasih yang terbaik.

Udah capek-capek bikin presentasi tapi gak kepake sama atasan? Realita emang gak selalu semanis yang diharapkan, kok. Tapi ini bukan alasan buat stres apalagi putus asa. Gagal di kerjaan bukan akhir dari segalanya. Yuk, bangkit dan semangat lagi dengan melakukan beberapa hal cermat ini:

1. Jelaskan Apa yang Terjadi kepada Atasan

gagal di kerjaan
Via freepik

Ketika kamu melakukan sebuah kesalahan, sebaiknya langsung bilang sama atasan. Beri tahu mereka apa, bagaimana, dan mengapa itu terjadi. Sampaikan kalau kamu sadar apa dampaknya dan kamu pun terus berusaha untuk menyelesaikan semuanya. Cara ini membuat kamu seenggaknya gak merasa sendirian saat mengalami gagal di kerjaan. Oh ya, hindari bersikap defensif ketika kamu menceritakan kesalahanmu.

2. Diskusi untuk Temukan Cara Memperbaiki Kesalahan

Terkadang solusi gak bisa datang dalam waktu yang instan. Bisa aja kamu perlu masukan orang lain buat menyelesaikannya, entah itu dari teman satu tim ataupun bukan. Ini bakal membuka pikiran menjadi lebih jernih saat menghadapi situasi yang membuatmu bisa gagal di kerjaan. Misalnya kondisi-kondisi yang bisa bikin kamu dipecat. Buat mikirin nasib karirmu aja pasti udah susah, apalagi mencari solusi masalah yang kamu lakukan, kan?

3. Hindari Menyalahkan Orang Lain

gagal di kerjaan
Via freepik

Salah satu hal yang pantang dilakukan saat membuat kesalahan adalah menyalahkan orang lain. Ini bukan cuma gak bagus untuk hubungan kamu dan orang tersebut di masa yang akan datang. Tapi juga bisa menurunkan reputasimu ketika orang tersebut menjelaskan bahwa sebenarnya kesalahan bukan terletak pada dia. Gak profesional banget!

4. Jangan Gak Adil dengan Diri Sendiri, Akui Juga Kelebihanmu

Ketika baru saja gagal di kerjaan, sering bikin kita terlalu fokus dengan kesalahan yang dilakukan. Kita jadi hanya memikirkan kekurangan yang ada pada diri kita. Seolah lupa bahwa kita juga punya kelebihan. Jangan gak adil pada diri sendiri, akui juga kalau kamu punya kelebihan. Kamu masuk ke perusahaan pun bukan tanpa seleksi, kamu melalui berbagai tahap dan kamu berhasil melaluinya. Berhenti menyalahkan diri sendiri, waktumu terlalu berharga untuk digunakan sedih berlarut-larut.

5. Petik Pelajaran yang Bisa Diambil

via Freepik

Mungkin ada momen di mana kamu berpikir pelajaran apa yang bisa diambil dari sebuah kesalahan. Yuk, coba ubah sudut pandangnya. Misalnya pikirkan kalau kamu bukan gagal, tapi hanya belum menemukan sebuah cara untuk berhasil. Atau kamu menemukan bagaimana hal-hal apa saja yang perlu dihindariagar kesalahan itu tidak terulang.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika ada kesalahan yang terjadi. Ingatlah bahwa kesalahanmu  gak mendefinisikan siapa kamu. Jadi, yuk bangkit, dan jadi kamu diri kamu yang cemerlang! 😉

Nurmarliana

Smile is her favorite magic. If you have one tell her through Instagram @liannurma.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: