Tetap Tenang Saat Gaji Berkurang, Atur Gaya Hidup Dengan 5 Tips Ini

Bagaimana kamu mengatur gaya hidup, itu semua tergantung dari pendapatanmu. Bener gak? Termasuk saat gaji berkurang, nih. Tapi jangan netthink dulu… gaji berkurang bukan berarti kamu gak bisa bertahan hidup. Asalkan kamu mulai menyesuaikan kebiasaan sehari-hari dengan kondisi keuanganmu saat ini. Kamu gak bakal merasa jatuh miskin, kok. Nih, caranya, bebs.

1. Gaji berkurang? Langsung bongkar anggaran lama

Via freepik

Gaji berkurang, anggaran juga harus berubah dong. Begitu kamu menerima gaji baru, segera bandingkan sama anggaran hidup mu selama ini.

Cek apakah gajimu sekarang masih bisa memenuhi semua kebutuhanmu atau enggak? Coret kebutuhan yang sekiranya gak penting-penting banget. Jangan lupa juga utamakan kewajiban kayak bayar hutang buat dilunasi terlebih dahulu yah!

2. Minimalisir pengeluaran sehari-hari

Gaji berkurang
Via freepik

Gaji berkurang, mau gak mau pengeluaranmu juga harus berkurang. Jangan sedih, kalau kamu terus memaksakan diri untuk menjalani gaya hidup yang sebelumnya, bisa-bisa keuanganmu malah tambah buruk, lho.

Solusinya kurangi pengeluaran sehari-hari, terutama yang konsumtif seperti makan dan hiburan. Percaya deh, perlahan-lahan kamu bakal bisa beradaptasi dengan baik.

3. Hentikan langganan untuk mengurangi beban tagihan

Gaji berkurang
Via freepik

Sebenarnya, selagi kamu masih sanggup untuk membayar semua tagihanmu, semuanya pasti bakal baik-baik aja, kok. Tapi, untuk jaga-jaga, ada baiknya kalau kamu menghentikan langganan yang bukan prioritasmu. Atau, kamu juga bisa mengganti ke kelas yang lebih rendah supaya kamu bisa mengurangi jumlah tagihan yang harus dibayar.

4. Jangan Hentikan Kebiasaan Menabung

Gaji berkurang
Via freepik

Gaji berkurang bukan berarti kamu gak bisa menabung lagi, lho. Justru, di saat seperti ini, kamu harus rajin menabung supaya keuanganmu tetap stabil. Gak perlu banyak-banyak, cukup sisihkan sedikit saja supaya tabunganmu tetap terisi. Begitupun dengan tabungan pensiunmu, segera konsultasikan dengan bagian HRD untuk menemukan titik terangnya yah!

5. Pikirkan Tujuan Jangka Panjang Untuk Masa Depan Lebih Baik

Gaji berkurang
Via freepik

Meskipun gajimu berkurang, kamu tetap harus memikirkan masa depanmu mulai dari sekarang. Pikirkan apa saja yang akan kamu butuhkan nanti, seperti tempat tinggal, liburan, pensiun, dsb. Supaya keperluan tersebut bisa terpenuhi tepat waktu, kamu bisa mencari uang tambahan atau pindah kerja ke tempat dengan gaji yang lebih tinggi untuk menutupi pendapatanmu saat ini.

 

Gaji berkurang bisa jadi kendala bagi sebagian orang, tapi sebenarnya, itu bukan masalah besar, kok. Asalkan kamu bisa mengontrol keuanganmu dengan baik, semuanya pasti bakal berjalan lancar. Tetap semangat yah!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: