Renungkan 5 Pertanyaan Ini, Apa Kamu Sudah Benar-Benar Sukses Atau Belum?

Pernah nggak sih, kamu merasa kosong dengan banyaknya pencapaian yang kamu raih? Posisi tinggi sudah kamu raih, begitupun dengan nominal pendapatan yang didapat. Tapi kenapa hati masih kerasa kosong, ya? Benar gak ya, kalau aku sudah mencapai apa yang aku mau? Ketimbang bingung, coba deh renungkan 5 pertanyaan berikut ini. Benarkah kamu sudah benar-benar sukses?

1. “Kamu Bahagia Nggak dengan Kerjaan Kamu?”

Bekerja bukan semata-mata karena nominal gaji. Lebih dari itu, bekerja adalah bagian dari kebahagiaan yang harus dirasakan. Indikator bahagia bagi banyak orang juga bermacam-macam. Ada yang bahagia karena kawan kantor yang nyaman, ada pula yang bahagia karena mendapat penghargaan.

Apapun itu, selama hal yang bikin kamu bahagia ada, maka bisa dikatakan kalau kamu telah benar-benar sukses. Namun, bila rasa bahagia di kantor nggak kamu dapat sama sekali, perlu bagimu untuk mengevaluasi diri.

2. “Gaji yang Dikasih Kantor Sudah Cukup Penuhi Kebutuhan Harian Kamu, Nggak?”

Via freepik

Untuk dikatakan benar-benar sukses, banyak orang mengukurnya lewat nominal gaji. Wajar sih, namun sebesar apapun gajimu, ketika tak ada manajemen keuangan yang baik, gaji tinggal lah gaji.

At the end nominal gaji bukan lagi indikator untuk dikatakan sukses. Selama kamu bisa memenuhi kebutuhan daily untuk sekedar makan dan punya rumah, sebenarnya kamu juga sudah sukses kok. 

3. “Seperti Apa Sih Kesuksesan yang Kamu Harapkan?”

Makna kesuksesan tiap orang tentu beda-beda, begitu juga dengan kamu. Kesuksesan orang lain dalam karir mungkin seputar jabatan yang tinggi, pendapatan yang mencukupi untuk jalan-jalan, dan bonus yang melimpah ruah. Kamu pun juga bisa mendefinisikan kesuksesan kamu sendiri. Bila memang dengan pendapatan yang banyak kamu merasa bisa benar-benar sukses secara finansial. It’s ok!

4. “Dengan Pekerjaan Kamu Sekarang, Apa Saja yang Sudah Kamu Pelajari?”

benar-benar suskes
Via freepik

Bila perusahaan tempat kamu bekerja memberi impact besar bagi dirimu untuk berkembang, pertahankan. Bekerja di perusahaan yang mau mengembangkan diri lebih baik daripada bekerja pada kantor yang tak ingin berubah jadi lebih baik. Nantinya kamu bakal punya bekal ilmu yang luar biasa. 

5. “Apa Sih yang Kamu Kejar Selama Ini?”

benar-benar sukses
Via freepik

Coba deh, tanya pada diri kamu sendiri: Apa yang sebenarnya kamu kejar? Sudah dapat jabatan dan gaji yang oke, tapi kok hati tetap hampa? Coba tentukan tujuanmu deh. Pertanyakan lagi apa sebenarnya yang kamu buru selama ini. Bila semuanya sudah stay on the track, seharusnya kamu sudah bisa dikatakan benar-benar sukses. 

Mempertanyakan 5 hal di atas pada diri sendiri bisa dicoba untuk mengetahui jalan karir kamu. Sudahkah kamu benar-benar sukses seperti yang didefinisikan atau mungkin saja kamu hanya kurang bersyukur dengan keadaan? Well, yuk mulai coba kenali diri kamu sekali lagi. 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: