Krisis Keuangan Datang Mendadak? Selesaikan Dengan 6 Cara Ini Biar Gak Panik

Mengalami krisis keuangan bisa jadi nightmare buat semua orang, lho. Mau itu gara-gara kehilangan pekerjaan, kewajiban membayar biaya medis yang mahal, perbaikan rumah, atau situasi mendadak lainnya yang bisa menguras habis saldo tabungan. Tapi, tenang dulu! Asalkan kamu tahu tips & triknya, semuanya pasti bisa teratasi dengan mudah, kok. Yuk, pelajari dulu 6 cara efektif ini untuk berdamai dengan krisis keuangan ini.

1. Prioritaskan Setiap Pengeluaran yang Kamu Lakukan

krisis keuangan
Via freepik

Dalam sehari, kamu bisa melakukan pengeluaran buat apa aja sih? Pasti macem-macem kan? Nah, supaya kamu gampang mengelolanya, biasakan untuk menulis apa saja pengeluaranmu di buku keuangan. Dari situ, kamu bisa tahu deh mana pengeluaran yang diutamakan dan mana pengeluaran yang harus dikurangi.

2. Negosiasi Secara Bijak Dengan Para Kreditor

krisis keuangan
Via freepik

Kalau kamu punya masalah sama kartu kredit atau peminjaman lainnya, jangan takut untuk segera menghubungi kreditormu yah! Karena kalau kamu lari dari tanggung jawab, yang ada kamu malah membuat masalah baru yang lebih besar, lho. Jadi, coba ajak diskusi dengan tenang dan berikan alasan yang jelas supaya ia bisa memahami situasimu.

3. Cari Uang Ekstra Untuk Mengatasi Krisis Keuangan

Via freepik

Sebenarnya, gak salah sih kalau kamu mau meminjam uang untuk menyelesaikan krisis keuangan. Tapi, kalau kamu masih bisa cari uang tambahan, kenapa ngga? Di luar sana, masih banyak kok peluang kerja yang bisa kamu dapatkan. Jadi, jangan dulu menyerah sebelum mencoba yah!

4. Manfaatkan Bantuan yang Ada Dengan Sebaik Mungkin

krisis keuangan
Via freepik

Bukan cuman dari orang terdekat, tapi kamu juga bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah saat mengalami krisis keuangan, lho. Asalkan kondisimu memenuhi syarat yang tertera, kamu bisa menggunakan program sosial pemerintah untuk meringankan bebanmu.

5. Evaluasi Situasi yang Telah Terjadi Sebagai Pembelajaran

Via freepik

Kamu bisa memulai evaluasi dengan memikirkan apa saja kesalahan yang kamu buat, seberapa banyak kerugian yang kamu dapatkan, dan bagaimana solusimu untuk mengatasinya. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih was-was dan keuanganmu bisa aman untuk jangka waktu yang lama.

6. Membuat Rencana Pengelolaan Keuangan yang Lebih Efektif

krisis keuangan
Via freepik

Nah, setelah evaluasi di atas, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengubah strategi keuanganmu yang dirasa kurang efektif. Selain itu, kamu juga harus punya keinginan yang kuat untuk berubah. Percuma dong kalau rencananya udah bagus, tapi komitmenmu masih kurang, iyah kan?

Krisis keuangan memang bisa bikin kepala terasa mumet. Tapi, bukan berarti kamu gak bisa memperbaikinya, kan? Jadi, jangan panik dulu dan pikirkan dengan baik apa yang harus kamu lakukan. Semangat!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: