6 Aturan Ini Bikin Dana Darurat Aman karena Gak Bisa Diambil Sembarangan

Bebs, kamu harus bikin dana darurat aman di masa kayak sekarang, lho. Inget, fungsinya adalah life saver saat ada keperluan mendadak.

Tanpa aturan yang tegas, dana darurat aman bisa jadi cuma angan-angan. Males banget, kan? Tenang, aja! Asalkan kamu tahu 6 aturan memakai dana darurat ini semuanya bakal tetap lancar, kok.

1. Hindari Memakai Dana Darurat Untuk Keperluan Sehari-hari

Dana darurat aman
Via freepik

Ingat! Agar dana darurat aman, ia cuman boleh dipakai saat kamu sedang dalam situasi yang urgent.

Misalnya seperti kehilangan pekerjaan, perbaikan rumah, terkena penyakit berat, dsb. Jadi selama pemasukan utamamu masih bisa menutupi kebutuhan sehari-hari, simpan dulu danamu yang satu ini dengan baik yah!

2. Boleh Dipakai Buat Berjaga-Jaga Membayar Tagihan

Misalkan nih, selama ini kamu punya teman yang tinggal bersamamu. Ada baiknya kamu menyisihkan uangmu sedikit demi sedikit dari sekarang.

Jadi semisal temanmu tiba-tiba pergi, kamu gak perlu repot cari uang lebih untuk membayar semua sisa tagihan yang ia tinggalkan.

3. Membeli Kebutuhan Pokok Saat Bencana Alam

Saat kita mengalami musibah seperti bencana alam, pasti banyak kerugian yang kita dapatkan. Mulai dari kerusakan barang atau kehilangan aset penting.

Tapi kamu masih bisa gunakan dana darurat untuk mengcover kebutuhan dasarmu kok, seperti makan dan transportasi. Jadi kamu gak perlu panik dan masih bisa menjalani hari-harimu dengan tenang.

[su_box title=”Editor’s Pick:”]

[/su_box]

4. Dipakai Untuk Biaya Perawatan Kesehatan? Boleh Banget

Via freepik

Gak bisa dipungkiri biaya perawatan kesehatan itu cukup mahal. Apalagi dengan merebaknya virus Covid-19 seperti sekarang, perawatan kesehatan jadi semakin sulit untuk dijangkau.

Maka dari itu penting banget buat kamu punya dana darurat supaya kamu masih bisa mengakses segala layanan kesehatan dengan nyaman.

5. Bekal Darurat Saat Sedang Perjalanan

Dana darurat aman
Via freepik

Kalau kamu sering bepergian jauh, pastikan selalu membawa uang lebih untuk hal-hal yang gak terduga di jalan. Seperti kendaraan mogok atau untuk penginapan. Terutama, saat kamu sedang di luar kota karena biasanya harga yang ditawarkan pasti berbeda dengan asalmu.

6. Manfaatkan Peluang Investasi

Bukan cuman keperluan mendadak, tapi kamu juga bisa pakai dana darurat untuk peluang finansial yang menguntungkan, seperti investasi.

Tapi, pastikan dulu investasi tersebut bisa dipercaya supaya kamu uangmu gak berakhir dengan sia-sia.

Semua orang wajib punya dana darurat, lho. Selain untuk menjamin keperluan mendadak, keuanganmu juga pasti akan lebih sehat dan aman. Tapi, jangan sampai semua situasi kamu anggap “urgent” cuman untuk memakai dana darurat yah! Semoga berhasil bikin dana darurat aman!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: