Kenapa Susah-Susah? 5 Langkah Ini Sudah Cukup Membuktikan Kalau Kamu Telah Mencintai Diri Sendiri

Merasa gak, dalam hidup kita suka mengeluarkan energi lebih banyak buat mencintai orang lain? Tahu gak, kalau akibat dari kebiasaan ini adalah sebagian besar fokus kita akan teralihkan untuk memperhatikan orang lain ketimbang diri sendiri? Ini bakal menggerus perlahan rasa mencintai diri sendiri yang kamu punya, lho. Mulai batasi diri, yuk. Mencintai diri sendiri gak harus dilakukan muluk-muluk, kok. Cukup dengan menerapkan 5 langkah kecil ini, hidup kamu bisa jadi semakin bermakna dan bahagia.

1. Luangkan Waktu Buat Meditasi

via pexels.com

Meditasi? No, no, ini bukan kata lain dari menenangkan diri dengan teknik yang rumit, kok. Selama ini kita mungkin sering menyepelekan meditasi, padahal ini bisa bikin kita lebih merasa dekat dengan diri kita sendiri. Berada di state pikiran yang lebih tenang membantu kita lebih peka dengan apa tubuh kita rasakan. Jadi gak ada salahnya melakukan rutinitas ini seenggaknya sekali sebelum atau sesudah berangkat kerja.

2. Berhentilah Bilang “Iya” Ke Semua Orang

via pexels.com

Nggak semua permintaan orang harus banget kamu iyain. Pilah-pilah saja mana yang bisa dikerjakan dan tolaklah yang sekiranya di luar kemampuan kamu. Ketika hati kecil kamu bilang “nggak”, kamu harus berani buat menyuarakanya. Bilang “nggak” bila memang tidak, dan bilanglah “iya” bila memang kamu sanggup menuntaskannya. Ini bukti nyata kalau kamu telah mencintai diri sendiri dengan baik.

3. Jangan Memaksakan Kehendak Sama Diri Sendiri

via pexels.com

Bukan cuma ke orang lain, kadang kita juga terlalu keras sama diri sendiri. Berusaha jadi yang terbaik sih, oke. Tapi kalau ini bikin kamu menjadi egois, the answer is a big no. Ada lho, beberapa hal yang memang nggak bisa kamu capai. Tapi itu bukan berarti kamu gagal. Mencapai sesuatu bukan berarti mengorbankan dirimu sendiri.

4. Jangan Ragu Meminta Bantuan

via pexels.com

Nggak ada yang salah buat meminta bantuan ke orang lain. Pahamilah bahwa kamu hanyalah manusia yang nggak bisa menyelesaikan semua hal sendirian. Justru dengan meminta tolong bukan cuma kamu yang terbantu, orang yang kamu mintai bantuan juga bakal merasa diakui keberadaannya. Namun, kamu juga harus mengerti situasi dan kondisi ketika meminta bantuan. Jangan sampai si dia merasa terbebani denganmu, oke?

5. Jangan Absen Berolahraga

via pexels.com

Mencintai diri sendiri dapat dilakukan dengan cara rajin berolahraga. Menjadwalkan olahraga harian sangat penting untuk kesehatan kamu. Sayangnya masih banyak yang menyepelekan urusan ini. Padahal nih, ketika kamu meluangkan 5 menit saja berolahraga, sama halnya dengan menghindarkan diri dari ratusan risiko kesehatan. 

5 langkah sederhana mencintai dri sendiri di atas harusnya kamu mulai sejak dini. Tapi, nggak mengapa deh. Masih banyak waktu untuk melakukannya daripada enggak sama sekali. Sudahkah kamu mencoba salah satu dari 5 langkah di atas?

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: