Masih Muda Jangan Boros, Belajar 4 Trik Atur Keuangan Seru Tapi Efektif Ini Yuk

Apa sih, yang biasa dirasain generasi muda sekarang kalau udah nyangkut masalah keuangan? Salah satunya pasti masalah tabungan. Rasanya susah banget nih buat nabung, apalagi mengatur cashflow biar gak boros. Siapa yang ngalamin ini juga? Padahal kalau gak diatur dari sekarang bisa berpengaruh ke masa depan. Jadi harus gimana dong? Jangan boros, yuk. Coba deh, kamu terapin 4 tips keuangan seru tapi efektif di bawah ini

1. Selalu Catat Pemasukan dan Pengeluaran Secara Rutin

Via freepik

Jangan cuma pengeluarannya aja yang dicatat tapi pemasukan juga. Coba lihat keduanya setiap bulan, dan bandingkan. Kalau kamu pakai mobile banking, kamu bisa cek dari mutasi. Hitung berapa banyak uang yang dikeluarkan buat kebutuhan kamu. Jangan lupa lihat pemasukan kamu bulan ini ada peningkatan atau enggak?

2. Pisahkan Budget Buat Membahagiakan Diri Sendiri

Via Freepik

Kerja keras sampai dapat uang banyak sih sah-sah aja, tapi jangan lupa kalau kamu juga harus menikmati hasil jerih payahnya. Nah, biar gak lupa atau malah bablas membahagiakan diri sendiri, buat budget khusus buat kesenangan kamu. Bebas mau dipake buat apa. Entah itu traveling, makan makanan enak, pergi ke salon atau sekedar beli wishlist skincare. Dengan begini kamu bisa tetap hemat dan gak boros buat kesenangan kamu.

3. Jangan Dinikmatin Sendiri, Berbagi Sama Orang Di Sekitar Kamu Juga Perlu

Via Freepik

Kalau lagi ada rejeki lebih jangan lupa buat dibagi juga sama orang sekitar. Jangan salah, berbagi adalah salah satu tips menjaga keuangan paling ampuh. Percaya atau enggak, dengan kita memberikan sebagian penghasilan kepada orang lain bukannya malah akan lebih boros atau kekurangan tapi keuangan kita malah bertambah. Berbagi bisa dengan cara apa aja kok, kayak traktir makan keluarga atau bisa juga menyumbang ke orang yang memang membutuhkan.

4. Jangan Gesek Kartu Terus, Sesekali Pakai Uang Tunai

via Freepik.com

Terakhir kurangin penggunaan kartu sakti yaitu kredit dan debit. Emang lebih gampang, tapi diem-diem bisa bikin pengeluaran kamu makin banyak karena gak kerasa. Coba deh, mulai kembali seringin transaksi pakai tunai, selain lebih gampang dihitung, bayar pakai tunai juga bikin kamu jadi punya rasa “sayang” ketika menggunakan uang tersebut. Jadinya kamu bisa pikir berapa kali dulu kalau mau pakai.

Kalau terbiasa terapin tips di atas, kamu bisa mengurangi kebiasaan boros kamu. Pelan-pelan aja dulu, baru deh kamu bisa rasakan hasilnya nanti. Yuk, mulai lebih hemat!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: