Jangan Tahan Air Matamu, 5 Fakta Ini Bukti Kalau Menangis Punya Manfaat Kesehatan

Saat stres, frustasi dan lelah melanda, kamu cenderung jadi mudah sensitif akan sesuatu. Pada saat ini, gak heran jika kamu jadi ingin menangis terus-terusan. Padahal mungkin penyebabnya sepele banget, tapi tetap aja kamu gak bisa menahan tangis. Padahal nih, menahan air mata bisa bikin stres dan depresi, loh! Biarkan saja tangisanmu leluasa keluar. Faktanya, ada banyak banget manfaat menangis yang luar biasa bagi kesehatan, lho.

1. Memperbaiki Mood

via pexels.com

Saat kita menahan emosi-emosi tertentu dan memaksanya untuk tak keluar, kemungkinan kamu bakal lebih mudah depresi dari sebelumnya jadi jauh lebih besar. So, dengan menangis segala emosi negatif dari dalam diri akan keluar dengan cepat sehingga kamu bakal merasa lebih baik. 

2. Mengurangi Racun

Via freepik

Sering ngerasa pusing tanpa sebab? Kemungkinan besar terdapat banyak racun dalam diri yang nggak kunjung kamu keluarin, nih. Nah, biar semuanya keluar, jangan biasakan buat tahan tangis ya! Kalau ingin menangis keluarkan aja deh. Faktanya, ternyata menangis punya manfaat yang sama dengan berkeringat. Segala racun dari dalam diri akan keluar bersamaan dengan kamu menangis. 

3. Mengurangi Rasa Sakit

Via freepik

Ketika seorang anak kecil terjatuh dari sepeda dan menangis, jangan malah menyuruhnya berhenti. Nyatanya, dengan menangis, segala oxytocin dan endorphin akan terproduksi. Dua zat ini berguna banget untuk membuat kondisi emosional dan fisik kamu merasa lebih baik. 

4. Menghilangkan Stres

Via freepik

Stres yang berlebih bisa diatasi dengan menangis loh! Beneran deh. Coba ekpresikan tangismu dan rasakan manfaat menangis membuat kamu lebih damai. Secara ilmiah, menangis bisa memaksa tubuh buat menghapus segala zat-zat pembuat cortisol, dimana zat ini memicu stres datang. Selain itu, secara bersamaan menangis juga mengaktifkan sistem parasympathetic nervous yang berfungsi membantu kita buat lebih rileks.

5. Membunuh Bakteri

via pexels.com

Air mata mengandung zat lysozyme, dimana zat ini berguna banget buat membunuh sekitar 90% bakteri jahat selama 10 menit. Fakta ini jadi bukti kalau manfaat menangis ternyata nggak cuma bagus buat kondisi mental kita namun juga kondisi fisik. Makanya, jangan lagi tahan tangis ya!

Saking banyaknya manfaat menangis buat segi kesehatan fisik dan mental, rasanya kita jadi nggak perlu lagi buat menahan tangis. Ketika saatnya kamu menangis, coba deh ekpresikan aja! Lebih baik mendapat 5 manfaat menangis diatas daripada memendam tangis yang justru bikin makin stress kan?

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: