Bukan Cuma Pintar, 3 Tips Ini Juga Diperlukan Untuk Menjadi Pengusaha yang Kreatif

Membuat sebuah bisnis sukses perlu banyak persiapan didalamnya. Bukan cuma urusan modal, atau marketing, bisnis yang bertahan lama juga butuh sosok pengusaha yang kreatif. Yup, menciptakan sebuah ide yang inovatif sangat penting agar usaha yang kita rintis bisa selalu jadi yang terdepan. Tapi gimana caranya yah, bersikap kreatif sementara tumpukan rutinitas menunggu setiap saat? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini!

1. Selalu Belajar Dari Kegagalan yang Pernah Kamu Buat

Via Freepik.com

Pernah gak sih, kamu membuat suatu proyek tapi malah berakhir mengecewakan? Atau kamu pernah merevisi idemu berkali-kali karena gak sesuai dengan ekspekstasi? Nah, kamu bisa ambil sisi positif dari kejadian tersebut untuk melatih kreativitasmu, lho. Kok bisa? Karena setiap kali kamu gagal mengerjakan sesuatu, pasti akan muncul ide baru yang lebih wow dari sebelumnya. Jadi meskipun sering gagal, jangan pernah takut untuk kembali mengeksplor yah! Siapa tahu kamu bisa menemukan ide baru yang lebih bagus, kan?

2. Bingkai Ulang Semua Masalah yang Pernah Kamu Alami

Via Freepik.com

Apa akhir-akhir ini kamu merasa sedang mandek dalam berkreasi? Tenang aja! Kamu masih bisa menyelesaikannya dengan mudah, kok. Cobalah untuk menulis apa saja masalahnya dan gambarkan semua asumsi untuk menyelesaikannya. Misalnya kamu berencana untuk mengadakan seminar bisnis sebagai bentuk promosi untuk perusahaanmu. Buatlah beberapa rencana dan carilah solusi tersimple tapi efektif untuk menjawab semua masalah yang kamu bingungkan. Misalnya kamu berasumsi untuk mendapatkan lokasi yang mewah tapi sesuai dengan budget untuk mengadakan seminar. Tapi setelah itu kamu berpikir kalau kamu gak perlu menyewa sebuah tempat karena kamu bisa menggunakan aula perusahaan secara gratis. Cara seperti ini melatih kamu untuk berpikir secara cepat, kritis, dan kreatif, lho. Gampang banget, kan?

3. Sering Melatih Pikiran Untuk Membuat Ide yang Out of The Box

Via Freepik.com

Orang yang kreatif biasanya mampu memikirkan jutaan ide yang gak terduga setiap harinya, termasuk pengusaha. Tapi semua itu terjadi bukan cuman karena bakat dari lahir, lho. Itu terjadi karena mereka sering melatih pikiran mereka dengan memecahkan berbagai macam masalah atau bermain game yang mengasah kepintaran otak. Dari hal yang sederhana tersebut, kamu juga pasti bisa kreatif seperti mereka asalkan kamu rutin berlatih. Jadi kalau misalkan ada waktu luang, manfaatkan dengan baik untuk melatih kreativitasmu, yah!

Mencoba untuk menjadi seorang pengusaha yang kreatif memang cukup berat. Tapi, itu semua bisa diwujudkan dengan mudah asalkan kamu memiliki kemauan yang besar dan selalu siap untuk berusaha keras. Semoga berhasil!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: