Gak Sesulit yang Dipikirkan, Ini 8 Cara Mengatur Keuangan yang Efektif Buat Anak Muda

Suka bingung gak sih, gimana cara mengatur keuangan dengan tepat? Apa kamu termasuk orang yang menganggap hal ini sulit banget? Jika ya, bisa jadi kamu belum tahu trik rahasianya saja. Percaya deh, semuanya bisa dilakukan dengan mudah, kok. Apalagi buat anak muda kayak kita, ada banyak tools yang mempermudah usaha mengatur budget agar gak over melulu. Yuk, simak cara mengatur keuangan yang efektif di bawah ini.

1. Periksa Keuanganmu Setiap Bulan

via Freepik.com

Dengan memeriksa keuangan secara rutin, kamu bisa tahu berapa banyak uang yang kamu dapatkan, kemana saja uangmu pergi, dan berapa sisa uang yang kamu miliki. Lakukan kegiatan ini di setiap akhir bulan dan cari tahu apakah keuanganmu mengalami surplus atau defisit untuk merencanakan strategi keuangan yang selanjutnya.

2. Gunakan Aplikasi Khusus Keuangan

via Freepik.com

Sekarang, kamu gak perlu repot membawa buku keuangan kemanapun kamu pergi. Kamu tinggal mengunduh aplikasi khusus keuangan di playstore. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dan praktis dalam mengatur keuanganmu. Untuk mendapatkan aplikasi yang bagus, perhatikan rating dan pendapat orang lain di kolom komentarnya yah!

3. Simpan Semua Tagihan Di Satu Tempat Kecil

via Freepik.com

Meskipun sekarang tagihan bisa dikirimkan melalui email, ada juga beberapa tagihan yang masih disampaikan melalui kartu pos, seperti asuransi dan pajak. Oleh karena itu, supaya tagihannya tidak berceceran, buatlah satu tempat untuk menyimpan semua tagihan tersebut dan simpanlah di dekatmu sebagai reminder untuk segera bayar.

4. Langsung Bayar Tagihan Saat Itu Juga

via Freepik.com

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah mereka terlalu santai untuk membayar tagihan sampai lewat batas waktu. Maka dari itu, cobalah untuk membayar tagihanmu secepat mungkin atau langsung di saat kamu menerimanya. Jangan lupa untuk tandai setiap tagihan yang telah dibayar sebagai tanda lunas yah!

5. Sering Berdiskusi Dengan Pasanganmu

via Freepik.com

Buat kamu yang sudah menikah, berdiskusi tentang keuangan bersama pasangan adalah hal rutin yang harus dilakukan, lho. Karena kalian menanggung beban bersama, kalian harus saling terbuka mengenai keuangan kalian untuk memastikannya tetap aman. Cari waktu yang tepat untuk membahasnya supaya lebih nyaman, yah!

6. Pastikan Gajimu Dikirimkan Secara Direct Deposit

via Freepik.com

Dengan adanya Direct Deposit, maka gajimu akan dimasukkan langsung ke rekening giro atau tabungan. Cara yang satu ini lebih mudah dan efektif dibandingkan mengeluarkan cek. Selain itu, kamu juga gak perlu khawatir tentang gaji yang terlambat karena akan dikirimkan secara otomatis.

7. Jangan Mengandalkan Satu Bank Saja!

via Freepik.com

Gunakan minimal dua akun bank untuk mengatur keuanganmu. Misalkan, satu bank untuk tabungan dan satunya lagi untuk membayar tagihan. Dengan begitu, kamu tidak akan kerepotan dalam mengatur uang dan kamu juga bisa menghindari sikap boros, lho!

8. Jangan Lupa Untuk Berinvestasi!

via Freepik.com

Demi masa depan yang cerah, kamu juga bisa menginvestasikan sebagian uangmu dari sekarang. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu lakukan, seperti saham, properti, emas, atau reksadana. Carilah yang benar-benar cocok untukmu, baik dari modal, risiko, dan teknisnya supaya gak salah pilih.

Semua orang harus tahu bagaimana cara mengatur keuangan yang efektif. Dengan begitu, mereka akan terhindari dari krisis keuangan dan bisa sukses secara finansial di kemudian hari. Selamat berusaha!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: