Coba Dicek, Ternyata 5 Kesalahan Ini Jadi Alasan Umum Kenapa Kamu Susah Buat Menabung

Pernah gak sih, ngerasa kalau gaji yang kamu dapat tiap bulan rasanya cuma numpang lewat doang? Belanja harus super ngirit, cicilan kebayar aja kadang udah syukur. Masih bisa buat sedikit senang-senang sih, tapi suka kepikiran kebutuhan lainnya juga. Apalagi tabungan juga gak nambah-nambah. Hmm… kalau terus begini yang ada kamu bakal kerepotan sendiri. Biasanya ada faktor penyebabnya, nih. Misalnya 5 kesalahan umum di bawah ini yang menjadi alasan kenapa kamu susah buat menabung atau budgeting.

1. Ingin Nabung Tapi Gak Punya Tujuan yang Jelas Buat Apa

via freepik.com

Tahu gak sih, kalau kamu udah nabung tapi gak punya tujuan yang jelas, tabungan kamu akan tetap gitu-gitu aja? Ada baiknya kamu buat kategori kira-kira apa aja sih, yang mau kamu capai. Selain uangnya gak akan kecampur dengan kebutuhan yang lain, dengan begini juga kamu jadi lebih gampang buat menggapai mimpi kamu. Misal uang yang kamu punya dibagi untuk liburan, bayar cicilan atau mungkin beli mobil baru. Jadi kamu akan lebih mudah juga liat progress-nya sampai mana. Jadinya makin semangat deh, buat nabungnya.

2. Pengaruh Lingkungan dan Gak Punya Support System Buat Ingetin kamu

Via Freepik

Udah berusaha banget buat hemat dan nabung demi masa depan, tapi ada aja godaannya. Entah itu ajakan teman buat nongkrong di akhir bulan yang kadang agak dipaksa, atau kamu emang ada di lingkungan yang terbiasa buat mengeluarkan uang berlebih untuk suatu hal. Percaya atau enggak, lingkungan kayak gitu akan ngaruh banget lho, buat keuangan kamu. Maka dari itu penting banget adanya support system yang ngerti keadaan kamu. Ketika kamu lagi berusaha buat lebih hemat, mereka akan mengerti dan menghargai kamu.

3. Terlalu Hemat, Kamu Sampai Lupa Untuk Senang-Senang

Via Freepik

Inget nabung bukan berarti kamu gak bisa senang-senang. Karena terlalu strict sama pengeluaran juga gak baik. Dibawa santai aja tapi tetap jaga komitmen. Kamu tetap bisa sisihkan uang buat jalan-jalan, atau ngelakuin hobi kamu, kok. Asal tetap gak berlebihan. Justru kalau kamu terlalu strict, yang ada nabung ini kesannya kaya nyiksa dan akhirnya malah menjadi beban.

4. Melewatkan Tabungan Penting yaitu Dana Darurat

www.dailyfinance.com

Udah siapin dana buat liburan, pendidikan, bahkan nikah tapi tiba-tiba sebagian dana tersebut harus kepakai karena ada situasi darurat. Akhirnya uang yang udah dikumpulin harus diulang lagi deh, dari awal. Kita gak pernah tahu, akan terjadi apa sama kedepannya. Entah itu tiba-tiba ada kebutuhan yang kepepet atau mungkin musibah yang tiba-tiba terjadi. Makanya penting banget buat punya darurat yang emang dipake pas kepepet aja. Jadinya uang yang udah dikumpulin gak akan keambil lagi.

5. Udah Kecanduan Belanja Memakai Kartu Kredit

via Freepik.com

Terakhir ini yang paling sering dirasain nih pasti. Godaan belanja online sama kartu kredit! Liat ada harbolnas atau sale pasti ikutan karena ada promo. Beli pas ada promo sih, sah aja tapi jangan sampai jadi budak promo, ya! Harus tau batasnya juga, apalagi ditambah kalau kamu punya kartu kredit. Duh, makin-makin deh.

Kalau kamu bisa mengurangi 5 kesalahan umum ini, pasti tabungan kamu akan lebih lancar, nih. Kira-kira di antara kelima hal di atas, mana yang bikin kamu susah buat menabung?

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: