Ini nih, 4 Hal yang Perlu Diingat Untuk Memecahkan Kebuntuan Pas Bikin Budgeting

Banyak yang beranggapan kalau mengatur keuangan itu susah-susah gampang. Apalagi kalau kita udah punya kebiasaaan boros, rasanya jadi serba bingung. Maka dari itu punya sistem budgeting bisa membantu banget, nih. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu mau mulai bikin budgeting. Biar gak buntu pas ketemu masalah dan bisa segera mencari solusinya.

1. Ingat Budgeting Itu Buat Jangka Panjang, Bukan Resolusi Tahun Baru Aja

via Freepik.com

Hayo ngaku, siapa yang tiap tahun baru punya resolusi keuangan jadi lebih baik? Awalnya sih bilang gitu, tapi pas ditengah-tengah eh, tetap aja kebablasan. Sebetulnya salah satu hal yang membuat kamu susah saat bikin budgeting adalah kurangnya komitmen. Coba deh, jangan jadikan hal ini hanya sebagai resolusi awal tahun aja. Tapi emang buat mengatur uang kamu agar lebih baik lagi selamanya. Mau gak mau kamu harus menjaga semangatmu seterusnya.

2. Mau Konsisten? Kamu Perlu yang Namanya Support System

via pexels.com (rawpixel)

Tahu gak selain dari diri sendiri, orang sekitar juga ngaruh banget ke masalah budgeting kamu. Kalau orang sekeliling kamu gak mendukung, kemungkinan kamu akan selalu gagal atau berantakan ketika mengatur keuangan. Makanya penting banget punya support system yang selalu mengingatkan kamu sama tujuan finansialmu. Misal suami mengingatkan istri buat gak boros. Itu ngaruh banget, lho. Diskusikan barang atau kegiatan apa yang sekiranya lebih penting untuk dilakukan. Kalau emang lagi banyak kebutuhan, diskusikan bareng-bareng sebelum belanja dan cari solusinya.

3. Selalu Ada Hal yang Harus Dikurangi, Biar Budget Aman Terkendali

via freepik.com/vgstockstudio

Tentunya kalau mau mendapatkan hasil yang terbaik, pasti akan selalu ada hal yang harus dikorbankan. Kalau biasanya uang kamu habis buat gofood atau belanja, ketika kamu mau mengatur cashflow dengan baik hal kaya gitu mau gak mau harus kamu kurangi.

Idealnya nih pembagian uang yang baik itu 50% untuk kebutuhan 30% untuk keinginan, nah sisa 20% nya untuk ditabung. Meskipun keliatan sedikit ketat, sebetulnya gak gitu juga, kok. Kamu tetap bisa senang-senang cuman jumlahnya mungkin lebih dikurangi.

4. Ingat, Semua Perlu Proses

via Freepik.com

Terakhir kamu harus sabar ketika mengatur semuanya. Awalnya mungkin berat, tapi lama-lama bakal terbiasa. Hasilnya gak akan kerasa langsung tapi bertahap. Belum lagi pasti diawal pasti uangnya masih tercampur, itu hal biasa. Paling penting sabar dan komitmen, ya.

Meskipun keliatannya susah, tapi kalau udah terapkan 4 hal diatas keuangan kamu bisa jadi lebih stabil. Intinya lakukan dulu aja dan selalu komitmen, agar budgeting kamu berjalan lancar.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: