Sibuk Bukan Alasan, Sempetin Mencoba 5 Tips Makan Buah dan Sayur Ini Bikin Gak Gampang Sakit

Di cuaca yang sering berubah ekstrim kayak sekarang, udah seharusnya kita makin cerdik menjaga pola makan biar gak gampang drop. Rutin makan buah dan sayur bisa jadi salah satu caranya. Sayangnya masih banyak nih, yang jarang melakukannya karena alasan sibuk atau emang gak doyan. Padahal manfaat makan buah dan sayur itu banyak banget untuk tubuh. Jangan khawatir, kini ada solusi cerdik buat kamu yang ingin memperbanyak makan buah dan sayur tanpa harus merasa kerepotan.

1. Tambahkan dalam Menu Sarapan

Via Pixabay

Sarapan terbukti secara ilmiah membantu kita lebih fokus dan gak mudah lapar pas bekerja. Biar kamu gak skip makan sayur atau buah di pagi hari, kamu bisa nih, selipin salah satunya di menu sarapan. Misal tambahkan bayam ke dalam omlet telur, taburkan topping potongan buah seperti pisang dan berry ke sereal atau oat, dan sejenisnya.

2. Variasikan Dalam Bentuk Sup

Via Freepik

Kalau malas dimakan langsung, coba kreasikan sayuran ke dalam sajian sup. Gak usah yang ribet, cukup seperti sayur sop yang mudah dibuat sama anak kos aja. Kamu tinggal campurkan kuah kaldu dan sayuran seperti wortel, buncis, jamur atau jagung. Bisa juga jadi bekal buat makan siang pas jam istirahat kantor.

3. Kalau Kamu Anti Ribet, Pilih yang Frozen

Via Freepik

Alasan lain yang bikin orang gak sempat makan buah secara rutin adalah malas untuk mengupas dan membersihkannya terlebih dulu. Kalau kamu termasuk salah satunya, buah-buahan beku bisa banget jadi solusi. Tinggal simpan di dalam freezer, buah akan awet selama berbulan-bulan. Kamu juga tinggal langsung memakannya tanpa perlu repot harus dikupas dulu. Cemilan sehat kini bukan sekedar wacana, kan?

4. Biar Gak Bosen, Dibuat Smoothies Aja!

Via Pexels

Selain bisa langsung dikonsumsi, buah dan sayuran beku juga bisa kamu jadikan smoothies biar gak bosan. Kamu bisa coba resep smoothies berry atau campuran dari sayuran kale, buah naga dan sedikit campuran lemon. Smoothies ini juga bagus dijadikan sarapan buat kamu yang lagi diet, lho.

5. Diolah Menjadi Salad

Via Freepik

Jika makan siang kamu udah penuh dengan karbo, waktunya imbangi dengan vitamin dan serat dari sayur dan buah-buahan di malam hari. Caranya jadikan salad sebagai menu makan malam. Buatnya juga gampang kok, kamu tinggal iris lalu masukan sayuran seperti bayam, timun, selada, kol ungu dan wortel. Untuk sausnya kamu bisa membeli saus siap pakai yang sudah ada di supermarket. Gampang, kan?

Sekarang gak ada alasan lagi deh buat gak makan buah atau sayur. Semua caranya mudah dan bisa banget kamu coba di rumah. Ingat, untuk selalu jaga kesehatan, ya!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: