Keuangan Masih Jauh Dari Stabil, 5 Saran Finansial Untuk Usia 20an Ini Ngena Banget, deh

Usia 20-an biasanya menjadi fase awal untuk bertanggung jawab atas diri sendiri. Apalagi masalah keuangan, nih. Malu gak sih, kalau terus bergantung pada orangtua? Sayangnya meski di usia ini banyak yang sudah mendapat pekerjaan, namun masih banyak pula yang belum bisa mengatur penghasilannya dengan baik. Alhasil kondisi keuangan jauh dari kata stabil. Biar gak keterusan, ada beberapa saran finansial yang bisa kamu lakukan agar keuangan jadi lebih aman dan terkendali.

1. Jangan Tergoda Apply Kartu Kredit

via Freepik.com

Kartu kecil dan sakti ini emang seolah membuat kebutuhan transaksi jadi lebih mudah. Tapi secara gak sadar juga bisa bikin kamu jadi lebih konsumtif. Belum lagi kalau gak disiplin bayar cicilan tiap bulan, bisa-bisa tagihan makin bengkak karena bunga dan denda. So, akan lebih bijak untuk tidak menggunakan kartu kredit dan membayar semua transaksi secara tunai. Hidup bebas tagihan itu damai banget, lho.

2. Menyiapkan Dana Pensiun Sedini Mungkin

via Freepik.com

Banyak yang berpikir mumpung masih muda sebaiknya sebisa mungkin nikmati uang yang dimiliki. Hal itu sebetulnya gak salah, tapi jangan sampai berlebihan juga, ya. Justru mumpung masih muda, harusnya kamu sudah menyiapkan dana pensiun sedini mungkin. Tapi kan masih lama? Justru karena masih lama jangan sampai saat memasuki waktu tua kamu malah kelimpungan karena tidak menyiapkan dana pensiun sejak awal. Lebih baik dipersiapkan dari sekarang, bukan?

3. Akui Pengeluaran Berlebihan, Lalu Pangkas Di Bulan Berikutnya

via Freepik.com

Jangan boros! Kalimat yang gampang diucapkan tapi nyatanya sulit dilakukan. Beli lipstick cuma karena tergiur review beauty vlogger, jajan boba seminggu nominalnya ngalah-ngalahin uang daku pas SMA. Biasain jangan denial deh, kalau ada pos pengeluaran yang melebih anggaran seharusnya. Terus di bulan berikutnya kebiasaan boros ini harus distop, ya. Kalau enggak, ya sama saja bohong.

4. Punya Financial Plan yang Jelas

Via Freepik

Salah satu hal yang secara gak sadar suka bikin keuangan gak terkendali adalah gak punya rencana yang jelas. Menyusun rencana keuangan bisa membantu mengatur keuangan jadi lebih teratur, lho. Misal dalam 5 tahun kedepan kamu ingin mempunyai rumah atau menikah. Dengan rencana keuangan, kamu bisa mengatur arus uang yang kamu hasilkan, investasi yang perlu dilakukan, pos pengeluaran yang wajib dihapus, dan sejenisnya.

5. Jangan Lupakan Asuransi Kesehatan

via ostomy.org

Tahu gak, kalau salah satu biaya gak terduga yang banyak menguras kantong adalah pengobatan rumah sakit? Yes, kita bisa mengakalinya dengan memiliki asuransi kesehatan dari Pemerintah. Selain karena sifatnya wajib, asuransi BPJS juga pelayanannya gak kalah dari asuransi dari swasta. Berjaga-jaga sekalian membantu program pemerintah kan, jadinya.

Sebelum terlambat gak ada salahnya kan melakukan hal di atas? Mumpung masih muda manfaatkan kesempatan ini untuk mengatur keuangan lebih baik agar masa tua nanti kita tinggal menikmati hasilnya.

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: