Jangan Buru-Buru, Buat Pergantian Karir Tepat Sasaran Pakai 4 Langkah Ini

Bosan atau butuh tantangan baru sering menjadi alasan seseorang saat memutuskan untuk resign dan ganti kerjaan. Biasanya buat yang udah kebelet pindah, pengennya langsung buru-buru lamar sana-sini biar dapet peluang pekerjaan baru yang lebih banyak. Tapi bener gak sih, yang kayak gini itu efektif? Sebenarnya sebelum memutuskan pindah, ada cara lain yang lebih simple dan efektif biar pergantian karir yang kita inginkan berjalan smooth. Mau tahu apa aja?

1. Refleksi Diri Pada Pekerjaanmu Saat Ini

Via Freepik

Untuk membuat sebuah keputusan yang tepat, diperlukan pula motivasi yang tepat. Jadi penting banget buat mencari akar dari permasalahan yang kamu rasain di tempat kerja yang sekarang. FYI, pertimbangan finansial dipercaya menjadi alasan yang lemah untuk dipakai saat mau melakukan pergantian karir karena kamu cenderung akan tetap cepat merasa bosan meski di tempat baru mendapatkan gaji yang lebih besar.

Berbeda jika motivasimu adalah mau mencari tantangan baru, ingin lebih leluasa menuangkan idealisme, dan sejenisnya. Alasan-alasan seperti ini dianggap lebih tepat menjadi latar belakang pergantian karir yang ingin dilakukan karena akan memberikan motivasi yang kuat saat menghadapi kesulitan kelak.

2. Cari Tahu Apa Keinginanmu Sebenarnya

Via Freepik.com

Masih gak tahu pekerjaan apa yang kamu inginkan? Sampai kapan sih, mau kayak begitu? Coba deh, renungkan dan cari tahu jawabannya. Jika kamu kesulitan untuk menemukannya, gak ada salahnya meminta masukan pada orang-orang terdekat. Siapa tahu dari situ kamu bisa punya gambaran jenis pekerjaan yang kamu inginkan itu seperti apa. Kalau perlu pergi dan gunakan jasa konsultan karir. Semua sah-sah aja biar gak salah mengambil langkah di masa depan.

3. Kumpulkan Info Relevan Sebanyak Mungkin

Via Freepik.com

Setelah tahu apa yang mengusikmu dan apa yang kamu inginkan, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mencari informasi yang relevan sebanyak mungkin. Pertama ini akan membantu kamu mempertajam minat dan motivasimu saat berganti profesi, kedua riset mendalam secara gak langsung juga jadi ajang mempersiapkan diri memasuki dunia kerja baru dengan lebih matang.

4. Lamar Pekerjaan yang Sesuai dengan Kriteriamu

via freepik

Setelah ketiga langkah di atas tunai dilakukan, jangan buang waktumu dengan menunda-nunda mencari pekerjaan baru. Segera searching dan lamar posisi yang kamu inginkan. Waktu terus berjalan, lho. Kalau kelamaan menunda, bisa-bisa peluang untuk berganti karir ke yang lebih sesuai jadi lewat begitu saja.

Pergantian karir basically adalah tantangan baru yang harus dihadapi. So, biar gak terlalu membebani, gak ada salahnya buat menerapkan kelima langkah di atas sebelum melakukannya. Tetap semangat!

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: