Berjuang Paling Depan, Prioritaskan Diri Sendiri Dari Sekarang dengan 5 Cara Ini

Di sekitar kita masih ada aja yang beranggapan kalau perempuan gak bisa lepas dari bantuan orang lain. Eits… Apa betul begitu? No, no, dengan ataupun tanpa orang lain, kita tetap bisa mandiri dan melakukan berbagai peran di kehidupan sehari-hari. Bahkan nih, terkadang kita suka kelupaan sama diri sendiri karena terlalu sibuk memprioritaskan orang lain. Kamu termasuk yang kayak gini? Yuk, mulai prioritaskan diri sendiri seenggaknya mulai dari lima cara di bawah ini.

1. Berani Bilang Enggak Buat Hal yang Bikin Kamu Gak Nyaman

Via Freepik.com

Anugerah berupa perasaan yang lembut sering disalahartikan dengan ketakutan menyampaikan penolakan. Padahal kita juga manusia biasa yang punya hal-hal yang gak disukai. Kebayang gak, kalau kita terus menerus melakukan sesuatu yang gak kita suka cuma karena gak enakan? Selain jadi terpaksa, kita juga bisa merasa tertekan terus-terusan. Yuk, beranikan diri berkata enggak.

2. Jaga Jarak Dari Lingkungan Negatif

via freepik

Alasannya sih, ‘mau gimana lagi‘ atau ‘namanya juga hidup, pasti ada yang suka dan gak suka‘. Tapi yakin, mau terus bertahan bergaul sama orang yang mendedikasikan hidupnya buat menebar aura negatif? Kita selalu punya pilihan, lho. Termasuk dalam menentukan teman. Seenggaknya buat inner circle, kita bisa mengisinya dengan orang-orang yang suportif agar hidup gak punya beban yang gak perlu. Ini cuma bisa diawali sama diri kita sendiri, lho.

3. Batasi Rasa Bersalahmu Saat Gagal

Via Freepik

Gak ada yang namanya hidup mulus 100% di dunia ini. Kegagalan itu pasti ada dan jadi syarat buat berkembang ke arah yang lebih baik. So, gagal tembus PTN impian? Gak lolos tahap wawancara akhir di perusahaan yang diinginkan? Tenang dan percaya pada proses. Jangan jadikan ketidaksuksesan sebagai alasan buat membenci diri sendiri. Porsi kesalahan kita memang pasti ada, tapi jangan lupa kalau ada banyak faktor eksternal yang bisa mempengaruhi keberhasilan kita dalam mencapai sesuatu.

4. Berjuang Paling Depan Untuk Memenuhi Kebutuhanmu

via freepik

Siapa yang bakal memenuhi kebutuhan kita kalau bukan diri kita sendiri? Yes, cuma kita yang paling tahu apa yang kita butuhkan dan melangkah untuk memenuhinya. Minta bantuan orang lain juga boleh-boleh saja. Tapi tetap garda pertamanya harus dimulai dari diri kita sendiri. Ini adalah bentuk lain dari mencintai diri sendiri, lho.

5. Izinkan Dirimu Untuk Merasa Lelah

via Freepik.com

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Buat apa kita habis-habisan memoles diri agar sempurna tapi bikin lelah jiwa dan raga? Kekurangan adalah sesuatu yang membuat kita istimewa. Berhenti mengejar standar orang lain agar mendapat validasi semu. Izinkan diri merasa lelah dan mengambil rehat sebelum kembali melangkah menapaki masa depan.

Peran kita sebagai perempuan masa kini memang berat. Ada tuntutan karir, keluarga, hingga kehidupan pribadi yang harus diakomodir. Tapi jangan sampai itu membuat kita lupa buat prioritaskan diri sendiri, ya. Kalau gak dimulai sama kita, siapa lagi yang bisa bikin kita merasa istimewa?

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: