Tanpa Sadar 5 Kebiasaan Ini Jadi Pertanda Kalau Kamu Salah Dalam Mengelola Finansial

Mengatur keuangan bisa menjadi momok yang nyeremin bagi sebagian orang. Termasuk buat yang baru kerja pertama kali dan belum bisa mengelola gaji sendiri. Karena ada banyak kebiasaan yang harus disesuaikan, tanpa sadar ada banyak kebiasaan yang justru membuat kamu salah dalam mengelola finansial. Contohnya kayak 5 kebiasaan yang bisa bikin pengeluaran jadi berlebihan di bawah ini. Apa kamu menyadarinya?

1. Mengandalkan Seluruh Gaji

Diet Gak Cuman Soal Berat Badan, Tapi Juga Terapkan 5 Trik Diet Pengeluaran Ini Agar Rekening Tabungan Tetap Terjaga
via freepik.com (hugo_34)

Gaji yang kamu dapat sebulan bukan patokan kamu dalam menentukan budget hidup sehari-hari. Jika kamu mengandalkan mindset atau kebiasaan kayak gini, secara gak sadar kamu akan menghabiskan seluruh uangmu meski sebenarnya melebihi kebutuhanmu. Sebaiknya pola pikirnya dibalik dulu. Pertama tentukan budget untuk hal yang kamu perlukan baru disesuaikan sama gaji yang kamu dapat. Selalu sisihkan untuk kebutuhan primer dulu, ya baru deh sisanya bisa kamu pakai untuk kesenangan kamu.

2. Uang Keluar Lebih Banyak Daripada Pemasukan

via Freepik.com

Hal klise satu ini pasti sering banget terjadi, apalagi buat para generasi muda yang masih rawan salah dalam mengelola finansial. Gini deh, kalau selama ini pengeluaran kamu lebih banyak daripada pemasukan, coba atasi dengan trik ini. Pertama selalu catat dan hitung pengeluaran kamu setiap bulan. Kalau ada yang gak perlu-perlu banget, mending dikurangi saja. Misalnya iuran langganan yang tidak penting atau jarang kamu pakai kayak member gym atau layanan streaming online.

3. Terlalu Mengandalkan Kartu Kredit

via Freepik.com

Kartu kecil ini emang sakti, simple dan bisa dipakai kapan saja gak pake ribet. Tapi secara gak sadar semua kemudahan tersebut bisa bikin kamu jadi super boros. Apalagi kalau kamu telat atau kewalahan bayar cicilannya. Sebaiknya gunakan sesekali atau ketika diperlukan saja, ya. Dan tentunya jangan lupa bayar cicilan tepat waktu biar kamu gak punya hutang dan kena denda.

4. Beli Sesuatu Cuma Biar Dapat Pengakuan Dari Teman

via Freepik.com

Dih, yang kayak gini biasanya orang gengsian, nih. Hanya karena ingin diterima di suatu lingkungan pertemanan, kamu jadi membeli barang yang sebetulnya tidak terlalu penting atau bahkan gak kamu suka. Duh, jangan sampai kaya gitu, ya. Apalagi sampai maksa membelinya padahal harganya di atas kemampuan kamu. Selalu membeli barang untuk dirimu sendiri jangan karena orang lain.

5. Kebablasan Gak Punya Tabungan

via Freepik.com

Terakhir adalah gak punya tabungan. Alias uang yang kamu habiskan selalu habis dipakai untuk keperluanmu. Padahal tabungan itu penting untuk masa depan. Coba deh, mulai sisihkan sebagian pendapatan kamu untuk di tabung. Sedikit dulu juga gapapa yang penting konsisten. Lama-lama juga uangnya akan terkumpul.

Nah, jadi di antara 5 kebiasaan di atas mana nih, yang suka kamu lakukan? Segera stop yuk, biar pengeluaran dan keuangan kamu jadi lebih stabil. 

No Comments Yet

Comments are closed

Best Rimma.co Content Delivered to your Inbox
Rimma.co

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Follow Us: